Pangandaran ‘Nov 2009

November 2009, Apabila banyak kepala susah untuk menentukan tujuan apalagi tiap orang punya ide,kebiasaan dan hobby yang berbeda-beda. Itu yang dirasakan oleh di EO jadi-jadian di kantor. Karena karakter orang yang berbeda-beda EO nya jadi bingung mau pergi kemana pas ada ada acara jalan bareng. Walopun EO nya sendiri orang yang suka jalan belum tentu di terima oleh yang lain, dari kebingungan itu EO nya sendiri tanya saya mau kemana acara jalan2 sekarang ini. Hmmm saya cuma jawab singkat .. kalau cuma libur 3 hari yang deket2 aja deh jangan jauh. Dan ada beberapa alternatif dari Sukabumi, Sari Ater Bandung dll setelah sang EO survey sana sini, termasuk tanya ke saya maka di tunjuklah Pangandaran sebagai next trip acara kantor.

Dan ternyata trip ini bagi beberapa orang itu cukup melelahkan dan sangat jauh. Yup kami dari jakarta memakai 1 Bis menuju Pangandaran. Cuaca yang tidak mendukung seakan mengasih angin jelek terhadap kondisi fisik temen2. Sampai di Hotel sekitar maghrib dan setelah pengundian kamar , kebanyakan temen2 langsung pada leyeh2 di kursi dan tidak ada aktivitas karena kecapean hehe. Kondisi hotel UNI yang cukup OK, ruangan segede gaban, dua tempat tidur dan toilet yang besar (tapi kurang bersih) dan tentunya ada kolam renang yang cukup besar harusnya bisa memberikan kami setidaknya saya kenyamanan di banding terakhir kali saya menginap di Hotel Pangandaran Beach yang kondisinya jauh lebih kurang bagus di banding Hotel UNI.

Tapi ada suasana yang tidak bisa digantikan apabila kita nginap di Pangandaran Beach yaitu pantai tempat berenang yang sangat dekat dan jalan antara Pantai Timur dan Barat yang cukup beberapa menit memberikan suasana dan kemudahan tersendiri, apalagi kalau menjelang malam kijang2 dari cagar alam pananjung suka turun ke pantai deket hotel pangandaran beach. Dan suasana itulah yang tidak didapatkan di Hotel UNI, jarak yang jauh antara pantai timur dan barat, serta jauhnya lokasi pasar ikan tempat orang2 nongkrong melihat sunrise menjadi suatu kekurangan walaupun kondisi hotelnya ok. Saya harus extra ngos-ngosan ketika mengayuh sepeda mengejar sunrise menuju Pantai Timur berbeda sekali ketika sy menginap di Pangandaran Beach .. ketika itu malah saya jalan bolak balik ke hotel karena flash saya ketinggalan dan tetap tidak membuat napas saya ngos-ngosan hehe :D.
Bagi saya pribadi ini merupakan trip yang kurang maksimal karena terbentur cuaca yang hujan terus, beberapa photo2 saya juga lebih underexposure karena cuaca yang gelap. Dan yang lebih menyedihkan ketika jalan ke green canyon bener2 kurang memuaskan malah lebih parah di banding terakhir kali saya ke green canyon. Karena debit air yang cukup besar kita tidak bisa masuk ke spot utama green canyon. Serasa jatoh kelubang yang sama dua kali berturut2 dan yang kedua lebih parah hahaha, jadi sekali lagi JANGAN PERNAH PERGI KE GREEN CANYON DI WAKTU MUSIM HUJAN yang ada malah kekecewaan.
Satu lagi yang membuat trip ini menyiksa saya adalah kondisi perut saya yang tiba2 terjangkit diare yang sangat hebat hehe. Selama perjalanan ngak tahan lihat toilet pasti di datangi hehe. Tetapi setidaknya ada hikmah yang saya dapet hehe kalo mau ke pangandaran bagusnya bulan Mei s/d Agustus dibulan2 tersebut saya sempat snorkling di ujung cagar alam pananjung dengan kondisi terumbu karang yg masih bagus serta kondisi pantai yang terlihat bersih di musim kemarau, dan satu lagi bulan2 tersebut bulan yang paling cocok apabila pergi ke Green Canyon :D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *