Kawah Kamojang

Kawah Kereta Api , KamojangSelamat datang di Area Geothermal Kamojang, Kawasan akrab lingkungan. Desa Laksana, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung. Gapura yang berdiri kokoh tersebut menyambut ketika memasuki kawasan Kamojang. Kondisi jalan seakan-akan langsung berubah dari jalan kampung yang biasa, menjadi jalan bersih yang terawat dan mulus. AC mobil dimatikan karena hawa dingin sekitar ditambah rimbunya pepohonan sudah bisa menggantikan dinginnya AC. Keadaan lingkungan sekitar benar-benar terawat dengan bersih. Jalan meliuk-liuk naik turun sampai akhirnya ada papan nama “Kawah Kamojang” di kanan jalan. Mobil dibelokan kearah yang ditunjukan oleh papan nama tadi. Banyak gedung-gedung seperti pembangkit listrik (CMIIW) beserta pipa super besar berwarna silver persis seperti pipa uap panas yang ada di Pangalengan atau Kawah Darajat. Ketika beberapa km memasuki area kawah, jalan mengecil dan tidak semulus sebelumnya. Selepas memasuki pintu loket dan bayar tiket, mobil langsung nongkrong di tempat parkir.

Kawah KamojangKawah Kamojang

Sebelumnya di Maleber.Net pernah menuliskan tentang kamojang seperti ini :

Ketika kita menyebut Kamojang atau kawah Kamojang atau PLTU Kamojang, mungkin banyak yang berfikir Garut. Padahal secara administratif, Kamojang berada di kecamatan Ibun kabupaten Bandung. Tetapi tidak dipungkiri juga pemkab Bandung (atau siapa lah yang berkepentingan disitu) mungkin kalah langkah sama pemkab garut (?????) .. karena akses menuju Kamojang dari Garut walau lebih jauh (kalo dari arah barat seperti Bandung atau Jakarta) tetapi dengan jalan yang sangat memadai. Tetapi akses ke Kamojang dari Majalaya terus ke Ibun yang notabenenya sama-sama yang satu kabupaten Bandung dan jauh lebih deket, jalannya ancur tidak karuan. Mungkin karena hal inilah kemudian menjadikan Kamojang identik dengan Garut. Belum lagi ketika melewati daerah Majalaya yang padat kendaraan serta kumuh sekitarnya dengan jalan2 kecilnya yang jelek. Kalau dari KM Nol Bandung melalui Bale Endah-Majalaya-Ibun berjarak kurang lebih 40KM, tetapi kalau lewat Garut dan terus ke Samarang-Kamojang akan berjarak 85KM lebih. Karena kondisi jalan yang bagus orang-orang tetap lebih banyak memilih jalur Garut di banding Majalaya. Selain kondisi jalan yang jelek kalau lewat Majalaya-Ibun harus melewati tanjakan-tanjakan yang super curam, karenanya wajib mengendarai kendaraan yang fit. Ketika lewat Majalaya ada mobil pick-up yang harus mundur kembali mengambil ancang-ancang ketika melewati tanjakan Monteng di Ibun yang sangat legendaris, mungkin kalimat tadi sudah cukup mendeskripsikan gimana curamnya tanjakan Monteng. Maleber.NET

Kawah Kamojang Kawah Kamojang
Kawah KamojangKawah Kamojang

Patokan arah Kamojang dari garut adalah Kampung Sampireun. Setelah mengikuti papan nama Sampireun dan tiba di kampung Sampireun, maka anda tidak salah jalan. Ikuti terus jalan tersebut sampai melewati Kebun Mawar Situhapa. Setelah meliuk-liuk naik turun dijalan yang mulus, anda akan bertemu dengan gapura selamat datang yang disebutkan sebelumnya. Setelah melewati gapura tinggal mengikuti papan nama yang ada tulisan “Kawah Kamojang”. Lokasi wisata ini tidak terlalu ramai oleh pengunjung. Bisa jadi mobil ini adalah mobil kedua yang parkir dikawasan ini. Tetapi ketika disana lebih banyak penggemar motorcross dan siswa-siswa pramuka yang sedang mendirikan tenda dibanding wisatawan biasa.

Kawah KamojangKawah Kamojang

Sesaat keluar dari mobil, telinga menangkap suara letupan-letupan aneh yang jarang terdengar. Ternyata letupan tersebut merupakan letupan-letupan entah gas/air yang keluar dari bawah tanah. Ternyata banyak sekali lubang-lubang disekitar sini yang menyembulkan uap panas. Kawah pertama yang terlihat adalah Kawah Kereta Api. Mungkin dari suara yang dihasilkan mirip kereta-api sehingga kawah ini dinamakan begitu. Kalau dari balik pagar pembatas suara yang dihasilkan kawah ini cukup berisik. Berjalan keatas beberapa puluh meter akan ditemukan kawah hujan. Yup dinamakan demikian karena ketika mendekat ke kawah tersebut anda akan disembur oleh cipratan air. Berada di kawah hujan ini serasa berada didalam sauna. Setiap kali jongkok untuk mengambil poto, dengan tiba-tiba di bawah pantat menyemburkan uap. Tempat keluarnya uap tersebut benar2 random. Jadi anda jangan kaget ketika berdiri di kawah ini tiba-tiba kaki disembur uap panas.

Kawah KamojangKawah Kamojang
Kawah KamojangKawah Kamojang

Sekilas kawah-kawah yang ada disini mengingatkan ke kawah Sikidang yang ada didataran tinggi Dieng, walau secara pemandangan sekitarnya, Kawah sikidang dinilai lebih bagus. Karena hari sudah mulai sore dan tidak ingin bermacet ria di sekitar Leles-Kadungora, langsung turun kembali untuk balik ke Bandung.

Tips mengunjungi lokasi sekitar Kamojang adalah :
1. Ada rumah makan “Mulih Kadesa” dan mungkin ini rumah makan terbaik di jalan raya Kamojang ini.
2. Kunjungi Kampung Sampireun, dan anda bisa poto2 di tempat ini.
3. Kunjungi juga Taman Mawar Situhapa, dengan tiket Rp.15.000 anda bisa menikmati keindahan taman mawar.
4. Buat yang suka sepeda boleh mencoba trek sepeda antara Situ Cibeureum sampe Samarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *