Karimunjawa Part#1

Akhirnya bisa juga menikmati keindahan alam Karimunjawa dengan mata kepala sendiri setelah selama ini cuma baca2 dan lihat photonya di internet. Karimujawa sudah terlalu lama masuk dalam daftar waiting list tempat2 yang WAJIB di kunjungi di Indonesia versi saya hehe, harus segera di keluarkan dari daftar tersebut karena faktor waktu yang semakin lama akan semakin menumpuk dalam daftar waiting list nya 🙂 . Tanggal 13-16 Nov 2010 merupakan waktu yang tepat buat jalan karena tanggal 17 nya pas hari Idul Adha bisa di pakai buat istirahat sebelum tanggal 18 nya masuk kerja. Enaknya sih tanggal 18 dan 19 nya cuti juga tapi berhubung tempat kerjanya bukan punya ‘abah’ saya, dapat cuti 2 hari tanggal 14 dan 15 juga sudah merupakan suatu anugrah berhubung kerjaan di bulan ini yang lumayan banyak menyita perhatian dan otak ini.
Lokasi Karimunjawa ada di Jawa Tengah masuk ke Kabupaten Jepara, kurang lebih 120Km di sebelah utara Kota Semarang atau kurang lebih 90 KM sebelah Utara Jepara yang di pisahkan oleh laut jawa. Lebih tepatnya posisi alun2 Karimunjawa berada di lat=-5.8800824 & lon=110.432682.

Oh iya sekedar tips aja lebih baik survey tempat yang akan kita tuju lebih dalam supaya ketika sampai ke tujuan tidak terlalu bingung dan ngak tahu arah tujuan mata angin. Saya mempelajari peta dan lokasi2 Karimunjawa lumayan lama jadi walaupun belum pernah kesana di otak sudah ada mapingnya kalau kita berada di sebelah mana pulau dan tidak disorientasi mata angin, sampai hapal jalan2 di karimunjawa walopun baru pertamakali kesana, ini bermanfaat sekali untuk mengambil photo karena kita tahu nanti sunrise atau sunset yang bagus lokasinya disebelah mana, tidak perlu bertanya lokasi pantai buat sunset atau sunrise . Juga akan lebih menyenangkan sebelum berangkat kita survey terlebih dahulu sejarah, tatakrama dan budaya lokalnya. Jadi selain tujuan jalan2 kita juga belajar dari tempat yang akan kita kunjungi. Oh ya mempelajari peta lokasi perjalanan ini juga bermanfaat ketika sampai di Tanjung Mas, dengan lebih percaya diri sudah tahu akan turun di mana di semarangnya, juga sampai survey lokasi tempat KMC Kartini berlabuh supaya tidak di bohongi oleh oknum yg tidak bertanggung jawab karena tidak terlalu kelihatan bego cari2 lokasi.

Ada beberapa alternatif untuk jalan ke Karimunjawa tapi kami yang berangkat dari Jakarta memakai Bis (PO Shantika) dari rawamangun lalu turun di Pintu Pelabuhan Tanjung Mas, dari Tanjung Mas memakai Kapal Cepat Kartini. Sedangkan pulangnya masih tetap pakai KM Kartini (via Jepara) tetapi dari Semarang pisah, saya pulang pakai Kereta Harina ke Bandung karena mengejar lebaran di Bandung, sedangkan temen yang lain memakai kereta tujuan Jakarta.
Jum’at tanggal 12 Nov 2010, setengah pikiran sudah berada di Karimunjawa sedangkan setengahnya lagi masih sibuk dengan kerjaannya. Pukul 15.30 hsrus sudah sudah pulang karena janjian jam 16.00 untuk ke terminal bis Rawamangun, sekitar jam 18.30 bis jurusan Kudus tersebut berangkat. Perjalananya lumayan lama kalo ngak di katakan lama banget hehe, sekitar jam 05.30 pagi akhirnya sampai di pintu masuk pelabuhan Tanjung Mas. Menunggu kapal Kartini yang berangkat jam 9.00. Kalau ngak tahu tempat berlabuh kapalnya tinggal naik ojek aja dan tukang ojek akan mengantarkan ke dermaga tpt kapal kartini berlabuh yang lumayan jauh dari pintu gerbang pelabuhan. Untuk posisi di wikimapia tempat berlabuh KMC Kartini kurang lebih disini http://www.wikimapia.org/#lat=-6.9452087&lon=110.4236215&z=18&l=0&m=b.




Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang

Setelah lumayan lama menunggu sambil jeprat jepret kapal yang berlabuh di tanjung mas, akhirnya KMC Kartini dateng juga, setelah masuk lumayan bagus juga, ada 2 lantai lantai bawah buat kelas bisnis dan lantai atas buat kelas executive. Kami kebagian di kelas executive walopun jujur pembagian kelas tersebut sebenarnya tidak perlu karena fasilitas dan layanan tidak ada yang berbeda selain beda lantai. Malahan merekomendasikan di kelas bisnis karena jajaran kursinya cuma 3-3 di banding executive yang 4-4 jadi kelihatan lebih nyaman, juga berada di bagian bawah tidak akan membuat goyangan kapal terasa berat seperti di lantai atas. Fasilitas toilet lumayan ok, cuma yang serba salah berada di kabin kapal yang super duper dingin berbanding kebalik ketika kita keluar kabin untuk menghilangkan rasa dingin tersebut, di luar kabin suhu udara malahan super duper puanaaaaas sekali. Jadi kalo ada orang yang berkacamata keluar dari kabin di jamin kacamatanya langsung berembun hehe.

Sekitar jam 13.00 akhirnya KMC Kartini berlabuh juga di dermaga Karimunjawa. Cuaca kurang bersahabat karena turun gerimis, setelah ketemu Monel contact person di Karimunjawa, akhirnya Monel mengantar kepenginapan di Hotel Escape yang menghadap kelaut. Cukup kaget juga ternyata siang hari di Hotel tersebut ruangannya cukup dingin karena AC nya menyala, kenapa kaget karena berdasarkan ‘servey’ sebelumnya, listrik di Karimunjawa cuman ada malam hari, ternyata ngak 100% benar karena beberapa hotel yang cukup besar di sana mempunyai genset sendiri. Sebenarnya hotelnya lumayan strategis, bersih dan bagus tetapi service nya itu yang kurang ok, kalau kata temen, namanya aja Hotel tapi servicenya Losmen hehe. Malah kalo dipikir servicenya pun jauh dari service losmen hehe. Ketika masuk tidak ada satupun gelas apalagi air minum yang di sediakan wakkkkkkkk. Dan welcome drink nya kalo ngak kita minta tidak akan pernah datang itupun hanya dengan segelas kecil ‘TEH’ hangat yang manisnya nanggung. Yang paling parah adalah kucuran air mandi yang ada di kamar mandi amat sangat sangaaaaaaat kecil sekaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii benar2 tidak layak buat di pakai shower (mungkin karena kamar ada di lantai 2, akan berbeda dengan kamar di lantai 1), akhirnya setiap mau mandi harus nampung tetesan air dari shower tersebut kedalam ember. Sempet berpikir kayaknya lebih baik menginap di wisma/rumah penduduk yang di sewakan karena berdasarkan info dari temen tour yang menginap di rumah penduduk Air aqua galon tersedia panas dan dingin, air mandi melimpah ada tv juga walopun tv bukan nilai plus (di hotel escape tidak ada tv), yang membuat nilai plus hotel escape ‘hanya’ listrik(+AC) yang nyala 24 jam (dirumah penduduk listrik hanya nyala malam hari saja) dan lokasi yang menghadap ke pantai. Tapi jangan harap service hotel yang jelek bisa menurunkan mood buat keliling pulau hehe, sejak merapat di dermaga Karimunjawa sudah jatuh hati melihat alamnya yang sangat natural, apalagi melihat kondisi air yang tenang seakan2 mempersilahkan pengunjung untuk menikmati ketenangan airnya hehe.

Istirahat lumayan lama sekitar jam 16.00 lalu dijemput memakai ‘pick-up’ untuk menuju Nirwana Eco Resort, sebuat resort yang strategis dan mempunyai private beach yg sungguh indah yang berada di sisi timur pulau, sayang waktunya kurang tepat untuk datang karena pantai ini di sebelah timur akan lebih indah kalo datang di pagi hari sambil melihat sunrise. Tapi heyy itu tidak akan mengurungkan niat untuk hunting photo dan snorkeling saat itu juga hehe. Snorkeling sambil pemanasan buat tour full day esok hari karena sudah lumayan lama tidak snorkeling di laut. Setelah maghrib akhirnya kembali ke Hotel dan beristirahat buat kegiatan esok hari. ‘Mungkin’ temen yang lain penasaran ingin melihat sunrise di Nirwana Hotel (yg sebenarnya saya juga penasaran hehe) akhirnya setuju esok pagi untuk menikmati sunrise di Nirwana Hotel, sebelum acara tour.




Suasana Nirwana Eco Lodge Resort

Apa yang terjadi ternyata rencana hunting sunrise di hari kedua gagal total karena kurang pagi.. tapi hunting sunrise akhirnya terbayar di hari ketiga 🙂

Bersambung ke Karimunjawa Part#2 – Sisi Timur KJ

Seri Karimunjawa :

  • Karimunjawa Part#1
  • Karimunjawa Part#2 – Sisi Timur KJ
  • Karimunjawa Part#3 (END) – Sisi Barat KJ
  • Gambar-gambar Karimunjawa :

  • Sisi Barat Karimunjawa
  • Sisi Timur Karimunjawa
  • Nirwana Resort
  • Port Of Tanjung Mas, Semarang
  •  

      • @Tour Explore : Sepertinya wisatawan asing yg hobby wisata alam/minat khusus lebih tau tentang Karimunjawa dibanding orang indonesianya sendiri xixixi… pas disana juga lumayan banyak bulenya koq.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *