Kampung Cai, Ranca Upas

Kampung Cai Ranca UpasCiwidey, yang berada di kawasan selatan Kota Bandung semakin lama semakin menjadi kawasan wisata favorit banyak orang ketika mengunjungi Bandung. Suasana pegunungan yang dingin serta hamparan kebun tehnya menjadi magnet yang sangat kuat untuk menarik wisatawan. Spot wisata sangat banyak yang berkumpul disatu tempat menjadi daya tarik Ciwidey yang unik. Dari Kawah Putih yang menjadi icon wisata Ciwidey, Situ (Danau) Patengang yang masih memancarkan keindahannya sampai pemandian air panas yang banyak seperti Ciwalini, Cimanggu ataupun Ranca Upas. Beberapa penginapan entah itu hotel atau villa sudah banyak bermunculan padahal belasan tahun kebelakang bisa susah untuk mencari penginapan disekitar Ciwidey. Salah satu lokasi yang berubah adalah kawasan Bumi Perkemahan Ranca Upas, yang menjadi Bumi Perekemahan Kampung Cai, Ranca Upas. Kampung cai dalam bahasa Indonesia berarti Kampung Air. Nama ini mungkin muncul setelah salah satu blok perekemahan Ranca Upas tepatnya sebelah penangkaran Rusa disulap menjadi waterboom. Secara pariwisata keberadaan water boom ditengah bumi perkemahan ini membuat Ranca Upas menjadi hidup. Tetapi secara penilaian pribadi sisi bumi perkemahannya jadi kurang sreg, karena agak sedikit aneh apabila kita mendirikan tenda yang dekat dengan water boom.

a-

Suasana Bumi Perkemahan
g-

Suasana Bumi Perkemahan

Untuk pergi ke kawasan Ciwidey, seperti biasa paling malas diperjalanannya terutama kemacetan ketika melewati daerah Kopo, yang semakin hari kemacetannya semakin dasyat. Walaupun sudah di siasati untuk pergi lebih pagi tetap saja kepadatan kendaraan diwilayah ini tidak pernah hilang, apalagi kalau berangkat agak siang. Belum lagi kali ini berangkat dihari minggu yang akan melewati beberapa pasar kaget di daerah Soreang dekat kantor pemda Kab. Bandung. Inilah yang membuat saya belakangan ini sangat jarang untuk main ke daerah Ciwidey. Seperti biasa ketika memasuki kawasan perkemahan ini penangkaran Rusa lah yang saya kunjungi pertama kali. Sebelumnya saya membeli satu keresek wortel sebagai sogokan buat rusa untuk lebih mendekat. Terlihat rusa-rusa disini gemuk-gemuk, mungkin rusa disini sudah sangat terbiasa dikasih makanan oleh pengunjung. Dari shelter untuk mengamati rusa ini, saya melihat pinggiran pembatas penangkaran yang akan selalu diingat. Karena disinilah dahulu anak-anak kuliah “dikerjain” oleh seniornya ditengah malam yang sangat dingin. Hanya bisa tersenyum ketika mengingat memory tersebut karena seakan-akan baru kemaren sore melihat mahasiswa-mahasiswa penuh dengan lumpur Ranca Upas ketika melewati jurit malam.

b-

Waterboom Kampung Cai

Saya selalu kasih info jangan pernah pergi ke kawasan Ciwidey kalau lagi long weekend, dan kalau pun tetap ingin pergi ketika weekend/long weekend pergilah sepagi mungkin karena anda akan menyesal ketika melewati kemacetannya. Secara pribadi saya kalau disuruh memilih tempat di kawasan Bandung Selatan, saya lebih memilih main kedaerah Pangalengan di bannding Ciwidey, karena suasana yang tidak seramai Ciwidey. Walaupun secara spot wisata di Pangalengan tidak seramai dan sebanyak Ciwidey. Tetapi pemandangan kebun teh Malabardi Pangalengan bagi saya itu juara.

c-

Penangkaran Rusa

Kali ini suasana Ranca Upas sangat ramai. Selain ramainya kawasan perkemahan yang banyak didirikan tenda, hari ini lagi ada acara trek bersepeda gunung yang start dan finisnya dilaksanakan disini. Pesepeda yang sedang beristirahat bercampur-baur dengan beberapa komunitas motor yang juga sedang melaksanakan acaranya disini. Melangkah memasuki water boom, terdengar teriakan-teriakan anak-anak yang histeris ketika ember tumpahnya penuh dan menumpahkan air yang sangat banyak. Beberapa detik sebelum embernya tumpahnya menumpahkan air, pengunjung berdiri disekitar ember tersebut sambil menghitung mundur. Beberapa keluarga terlihat sedang menggelar tikar hanya untuk beristirahat sejenak. Diujung sudut kawasan water boom terlihat ada pedangdut yang sedang mendendangkan lagu dangdutnya. Pedangdut ini menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa pria yang doyan joget dangdut sambil menebarkan uang sawerannya.

d-

Penangkaran Rusa
f-

Suasana Bumi Perkemahan

Ranca Upas yang dahulu sangat sepi sehingga sangat cocok buat dijadikan bumi perkemahan sekarang benar-benar sudah berubah menjadi suatu kawasan wisata yang sangat ramai. Beruntung dahulu masih bisa menikmati kemping dengan suasana yang tidak terlalu ramai, dan sekarang suasana kemping di Ranca Upas yang sepi hanya tinggal kenangan.

e-

Suasana Bumi Perkemahan
  1. Benar juga kak ngak akan sreg bangun tenda yang bersebelahan dengan waterboom… mestinya pemerintah daerah bandung melarang kendaraan pribadi dari daerah jakarta yang bertujuan rekreasi ke bandung, mengingat banyaknya plat nomor B di bandung

  2. Mengingat Ranca Upas, jadi ingat cerita teman lama..tentang si abah pengurus rusa yang pondoknya suka dipakai istirahat para pecinta alam, bunga rawa dan bandrek Cimanggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *