Kabupaten Belitung (Bagian Barat P.Belitung)

Pulau belitung di bagi menjadi 2 kabupaten yaitu kab.Belitung dengan Tanjung Pandan sebagai ibukotanya berada di sebelah barat pulau dan kab.Belitung Timur (Beltim) dengan Manggar sebagai ibukotanya disebelah timur pulau. Pantai2 kab. Belitung cocok untuk melihat sunset sedangkan pantai2 di kab.Beltim lebih cocok buat lihat sunrise.

Karakteristik pantai di kab.Belitung adalah batu granitnya yang segede2 gaban sampai2 tangga batu yg di bukit berahu, tanjung binga dibikin dari bongkahan batu granit .. weh .. weh .. weh. FYI, top table kitchen set saya yg pake batu granit se uprit tapi harganya mahal bangettt 🙁 kalo bisa diangkat saya angkat deh tu batu pindahin kerumah.
Karakteristik pantai di kab.Beltim lebih landai (kecuali bukit samak) bagi saya pantai di Belitung barat lebih ok dibanding di Beltim. Yang menarik di beltim adalah lokasi cerita tetralogi Laskar Pelangi ada disini. Dan saya juga baru ngeh pemilik kedai kopi juga ada yang jadi piguran di pelem itu. Jadi beltim lebih cocok untuk napak tilas lokasi cerita Laskar Pelangi.

Dan di bagian I ini saya list-in tempat2 yg saya kunjungi di belitung bagian barat :

Tanjung Pendam
Sepertinya semua orang belitung akan tumplek di tempat ini kalau lagi ada acara tidak tua tidak muda, nenek2 dan kakek2 pun ikut serta sambil bawa tikar, setidaknya itulah yg saya lihat ketika ada event peresmian Visit Babel 2010 oleh Mentri Pariwisata bapak Jero Wacik beserta nonton bareng tetralogi laskar pelangi : Sang Pemimpi. Malam itu semua rumah di sekitar Tanjung Pandan kelihatannya kosong karena terkonsentrasi di tempat ini dan yang paling menyebalkan kelakuan pengendara motor yang lebih asal di banding pengendara di Jakarta. Mereka parkir sembarangan dan motornya pun tidak di kunci. Alhasil ketika saya mo balik ke hotel tidak bisa keluar karena mobil yang saya tumpangi di kelilingi sama motor yg parkir sembarangan.

Tanjung Tinggi
Tanjung Tinggi ada di sebelah Utara pulau Belitung dan masuk ke Kab. Belitung. Batu2 granit segede gaban berserakan di pinggir pantai. Satu lagi hotel Lor-In yang saya incar adanya di daerah disini.


Tanjung Kelayang
Sebelah barat Tanjung Tinggi dan tumpukan batu2 granitnya mirip sama yg di Tanjung Tinggi tapi tanjung kelayang mempunyai pantai putih landai yang lebih panjang. Dan disini banyak perahu2 kecil yang siap mengantarkan kita tuk keliling lihat pulau2 indah di sekitarnya.

Pulau Kelayang
Disinilah tempat icon Tanjung Kelayang yaitu batu garuda berada.

Pulau Pasir
Pulau yang muncul di sore hari ketika air laut mulai surut. Disini banyak di temukan temennya sponge bob yaitu bintang laut.

Pulau Burung
Disini ada banyak nelayan yang mencari ikan sotong juga ada banyak nelayan yang mencari ikan pake alat pancing.


Pulau Babi
Entah kenapa pulau ini dinamakan pulau babi ??

Pulau Lengkuas
Pulau inilah yang menjadi primadona pulau2 kecil di sekitar Tanjung Kelayang, dan bagi saya akan sangat “RUGI” kalo ke belitung tidak mengunjungi pulau ini sepertinya tidak berasa ke belitung kalau tidak mengunjungi pulau kecil ini. Karena di Pulau ini berdiri dengan kokoh Mercusuar yang terbuat dari plat besi tebal. Dan diatas mercusuar lah kita bisa lihat pemandangan sekitar pulau lengkuas yang menakjubkan. Disini kita bisa berenang lihat ikan-ikan kecil di balik batu2 granit yang segede gaban.



Bukit Berahu di Tanjung Binga
Tanjung Binga ada di sebelah barat pulau belitung diantara perjalanan Tanjung Pandan dan Tanjung Kelayang. Disini terdapat hotel/resort yang lumayan bagus, kamar2nya menghadap kelaut tetapi bagi orang tua tidak akan cocok karena tanahnya berbukit dan harus naik turun tangga ke penginapannya. Dan di pinggir pantai inilah banyak terdapat hewan2 yang aneh menurut saya 😀 seperti bintang laut yang kecil sama besar yang berserakan,berbagai macam kerang2 laut yang banyak, teripang tinggal ambil, gurita tinggal nyomot dan juga cumi sotong yang lucu2. Saya tidak tahu apakah pas saya kesana memang lagi musim binatang2 itu atau memang tiap hari juga banyak.


Link Lainnya :
Belitung yg serba mendadak
Kabupaten Belitung Timur (Beltim)

Photo2 Belitung :
1. Kabupaten Belitung (Belitung Bagian Barat)
2. Kabupaten Belitung Timur

    • @dee : fullday 1 hari buat keliling pulau2 di daerah tanjung kelayan (p.lengkuas,p.burung,p.babi,p.pasir dll), serta snorkeling di situ.
      kalau tergila2 dengan tetralogi laskar pelangi butuh fullday 1 hari lagi buat jalan ke daerah belitung timur, tp secara pemandangan dan keindahan keliling pulau di sekitar tanjung kelayang jauh lebih ok.
      Jadi kalau tidak terlalu suka laskar pelangi cukup 3 hari (1 hari buat berangkat,1 hari fullday jalan, 1 hari pulang) nah di sela2 1 hari pas kedatangan ke belitung bisa di buat main ke tanjung tinggi dan bukit berahu serta pas 1 hari ketika mau pulang bisa buat belanja oleh2
      Kalau suka dengan novel laskar pelangi wajib mengunjungi beltim jadi 4 hari juga cukup.

    • @kodzan : setuju .. tinggal di benahi beberapa hal seperti transportasi disana yg agak susah dan pom bensin yg dikit hehe …tapi jangan sampai pas terkenal jadi seperti bali … suka terganggu sama pedagang asongan yg maksa2 hehe

  1. Blognya sangat informatif dan inspiratif Mas…
    Saya rencana melakukan perjalan ke Belitung & sekitarnya numpang tanya ya… :
    1. selama perjalanan disana apakah menggunakan travel, atau sewa kendaraan sendiri? kalau boleh / masih ingat PIC nya
    2. Apakah mudah untuk kita kalau melakukan perjalanan sendiri tanpa travel/tour guide?
    3. kemarin nama penginapannya apa ya..? (butuh rekomendasi)
    4. Punya pengalaman kalau menyambung ke Bangka tidak? apa ada hal2 yang menjadi perhatian lainnya?
    Terimakasih atas infonya…

    • @Fika,
      1. disana kebetulan ada temen yg punya perusahaan travel jadi saya di bantu sama dia dari supir,mobil sama perahu buat ke pulau Lengkuasnya juga
      2. sebenarnya mudah dan bisa banget tapi kendalanya di transport, transport umum di sana jarang banget (bahkan saya sih ngak liat ato ngak ngeh kali hehe ) . Yg lebih efective ya sewa mobil rental
      3. Hotel Martani, kamarnya sih luas bersih tapi agak sedikit tua gitu, terus adanya di tengah kota agak jauh ke pantai. Kalo untuk yg suka keramaian kota sih pilih disini gpp deket minimarket, tapi kalo yg suka menyepi pilih penginapan di tj.tinggi ato tj.bingga keren dan sepi.
      4. belum euy klo nyambung ke Bangka mah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *