Diving @Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu

Hari yang di tunggu2 akhirnya datang juga,  jum’at 28 mei 2010  jam 6.20 pagi saya sudah standby di dermaga Marina Ancol dan ternyata hari ini bukan waktu yang tepat untuk pergi ke pulau pramuka. Mungkin karena long weekend penumpang di dermaga Marina Ancol yang mau ke pulau Pramuka benar benar membludak sedangkan perahu yang berangkat ke Pramuka terbatas. Setelah instruktur saya melihat antrian yang mengekor dan di pastikan tidak dapet perahu akhirnya dia cari alternatif lain dan dapet perahu yang ke pulau kotok dan perahunya bukan perahu biasa, melainkan speedboat yg lumayan keren, dan isinya pun ternyata bule semua hahaha serasa jadi penumpang gelap (waksudnya penumpang yang berkulit paling gelap nih).

Dan berbeda sekali dengan perahu yang pernah saya naikin di muara angke waktu ke pulau Tidung, speednya bener2 kenceng kurang lebih satu jam sudah sampai di dermaga pulau Pramuka yang kalo pake perahu biasa sekitar 2.5 jam. Dan ketika sampe di dermaga pulau Pramuka saya lihat perahu yg saya naiki bener2 kontras dengan perahu reguler. Perahu reguler benar2 seperti perahu yang lagi nurunin pengungsi, benar-benar penuh sesak.  Sampai2 bule sebelah saya yang melihat lewat jendela speedboat hanya bisa nyeletuk ‘WOW’. Ternyata saya bersukur tidak kebagian perahu reguler dan saya benar2 harus berterima kasih ke bapak Marinir yang telah mengusahakan perahu yang ternyata lebih dari yang bisa saya bayangkan hehe.


Setalah sampai masih agak syok karena berbeda dengan gambaran yang ada di benak saya yaitu suatu pulau yang sepi seperti halnya Pulau Tidung tetapi di pulau pramuka ini benar-benar ramai sekali sampai2 kami tidak kebagian penginapan dan harus menginap di rumah penduduk. Berbeda dengan pulau Tidung yang hanya memiliki 1 Losmen, di Pulau Pramuka banyak penginapan-penginapan yang lumayan ok. Mungkin kalo   weekend biasa akan lebih mudah untuk mendapatkan penginapan tersebut. Setelah istirahat sejenak di rumah penduduk, sambil menunggu untuk melakukan sholat jum’at kami jalan-jalan melihat kondisi sekitar pulau. Kami jalan melihat pembibitan bakau dan penangkaran penyu di sebelah barat agak utara pulau. Kalau kondisi rumah dan gang yang ada, mirip dengan yang ada di Pulau Tidung.



Selepas makan siang dan shalat jum’at  langsung terjun ke laut dan berenang sebentar buat pemanasan. Instruktur sudah pasang tali buat guide kita yang lumayan panjang. Mungkin karena dekat dermaga (dan juga hujan) visibility nya sangat kurang tapi masih bisa menikmati coral yang oke di beberapa titik. Setelah persediaan udara menipis barulah kami balik lagi dan naik ke atas dan ternyata baru tahu sedang turun hujan lumayan kenceng hehe. Ternyata enaknya diving walopun hujan gede ngak pernah kehujanan hehe. Setelah naik kami istirahat dan sambil minum kopi  panas di temani kacang tanah, dan ketika makan kacang lumayan membantu membuka jendela di telinga yang  ketika equalisasi membuat sedikit budek.

Malam harinya setelah makan malam kami jalan-jalan sekitar dermaga melihat suasana malam di pulau pramuka. Dan tiba-tiba listrik padam yang membuat malam semakin gelap , tapi masih beruntung pada hari itu pas bulan penuh jadi masih ada sedikit cahaya hehe. Setelah itu karena besok pagi masih harus diving kami langsung menuju penginapan untuk istirahat dan berhubung listrik padam dan sangat panas kami akhirnya tidur di teras luar rumah dengan alas tikar. Pagi-pagi banget sekitar jam 6.00 pagi kami langsung nyebur ke laut lagi dan ternyata di pagi hari visibility jauh lebih bagus di banding kemaren.



Himbauan bagi pemilik losmen dan guest house untuk bagi-bagi  listrik kepada penduduk yang lain (kirain mo ngomong bagi2 rezeki hehe)  dan tidak menyalakan AC . Remote AC  harap dipegang sendiri dan jangan di kasihkan ke tamu, kalau tidak .. nanti malam listrik akan di matikan lagi supaya adil.  Begitulah pengumuman yang lumayan keras keluar dari speaker menara masjid. hehe baru kali ini mendengar pengumunan buat warga yang isinya seperti itu dan itu lumayan efektif terdengar oleh warga satu pulau.

Setelah diving di hari kedua ketika pulang masih tetap tidak kebagian perahu dan kali ini mr.instruktur yang notabene-nya Marinir menelopon kenalan dia yang ada di pulau sepa untuk menjemput kami apabila masih ada tempat buat 7 orang di perahu yang di pulau sepa. Akhirnya lagi-lagi kami jadi seperti selebritis, soalnya penumpang lain naik perahu kayu seperti pengungsi yang di tumpuk sedangkan kami naik speedboat yang lumayan bagus hehe. Akhirnya kurang lebih satu jam tiba juga di dermaga Marina Ancol  dengan selamat.

Dan setelah dapet International Certificated buat Diving , mudah-mudahan bisa diving lagi dalam waktu dekat ini dan tidak lupa .. makasih buat para instruktur yang dengan sabar membimbing kami dari Nol .. hehehe.

Lebih lengkap photo2 ketika Diving di Pulau Pramuka

  1. trus..kapan diving lagi niiiyy…?
    btw, congratulate yah… tulisan kmu niy masuk di urutan pertama waktu aku ketik “diving di pramuka” via google search…kereeen..hehe…..

  2. boleh minta telp yg bs di hubungi ga? mo ksana tp ga tau nich gimana ksana nya….coz mo booking dulu…bs referensiin tempat penginapan all in nya ga?tq

    • @Yana chen : Coba hubungi Yudi : 0858 1471 7642 , orangnya ok , service nya pun ok dia sediain dari makan, perahu, guide, sampe minta tolong bakarin ikan juga ada. Kalo bisa penginapannya yg deket2 dermaga.

  3. boleh minta telp yg bs di hubungi ga? mo ksana tp ga tau nich gimana ksana nya….coz mo booking dulu…bs referensiin tempat penginapan all in nya ga?tq

  4. kita baru dari sana kemarin…ke pulau pramuka, trus kita di antar ke pulau air untuk snokling ( bener ga ya tulisannya ), ada beberapa kekurangan dalam pelayanan……guide kita tuh anak smp kelas 3, rajin banget tapi banyak kekurangannya, ketika kita bakar barbeque, tidak seperti perkiraan kita, kita pikir ikan melimpah, trus udang, cumi banyak, soalnya teman yg pernah ke sana…..dia 10 orang ..barbeque sampai ga habis..ikannya masih banyak………….tapi ternyata, ikan cuma bisa di hitung, ga ada cumi, udang, wah banyak deh kurangnya, cuma mengingatkan untuk teman2 yang mau ke sana, pastikan…..kalau barbeque itu gmana…ikannya, apa ada cumi, udang,, trus waktu snokling kasian yg belum bisa, atau blom pernah……snokling …..kita di antar ke pulau air, air yang dalam…seharusnya ke pulau yg pasirnya putih untuk belajar berenang…dan snokling……..itu aja si…

    mks

    • @hendot : wah berarti kurang dapat operator tour yg ok dong …. btw. kalo sy kesana sih ngak pernah ada guide cuma sewa perahu saja 😉 semua self service ngak pake paket2-an hehe. Kalo liat positifnya “mungkin” di bawa ke yang dalam karena takut ngerusak terumbu karangnya kali hehe … tapi kan di kasi pelampung ?secara kalo pake pelampung kan susah tenggelam hehe … wah kalo masalah ikan saya biasanya beli ikan bandeng duri lunak di pramuka dan malem2 di bakarin sama orang di penginapan dan rasanya muantabbbbb .. terkecuali bandeng bakar duri lunak tadi hehe, secara overall makanan di p.pramuka emang kurang ok apalagi sayurannya hehe

      btw. tulisan yang bener Snorkeling :p …..

  5. Saya ckup mahir utk menyelam namun mmng blm mmliki license. Bisakah saya menyewa prltan diving di p.pramuka tanpa hrs ‘menyewa’ instrukturnya? Hanya ingin mmyewa BCD, regulator, tank dan weightbeltnya saja? Dan brpa prkiraan hrga sewa utk item yg di atas? Trmksih sblumnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *