Belitung yg serba mendadak

Pulau BelitungBerantakannya rencana temen2 saya yg mau jalan  keliling pulau jawa padahal sudah di planning dari jauh2 hari kalo liburan akhir tahun dipakai untuk explore pulau jawa dari ujung barat pulau jawa sampe ujung timur pulau jawa ternyata membawa saya ke suatu tempat yang tidak akan pernah saya sesali hehe :D.  Belitung ato Belitong itulah tempat pelampiasan kegagalan planning itu. Bingung mau ngapain pas liburan akhir tahun selama 10 hari, maka saya browsing2 dan lihat2 googleearth tempat mana yang kira2 gampang untuk di capai.  Sebenarnya ada beberapa tempat yang  ingin saya kunjungi seperti Derawan Island di kalimantan timur ato Wakatobi di sulawesi tenggara tetapi kedua tempat itu agak susah aksesnya dan membutuhkan budget yang lumayan besar apalagi dengan acara dadakan seperti ini.

Dan setelah menganalisa dan survei sana sini akhirnya sy putuskan ke Belitung. Kompor hasut saya nyalain dan ternyata bakat kompor saya tuh mujarab banged, dengan posisi ‘Kompor Mode : On’ yang menyala-nyala 5 hari sebelum keberangkatan saya kontak temen saya yang pernah  jalan bareng ke pulau seribu ternyata hanya 1 org yang mau yang juga tetangga kost saya, kalo temen kerja saya yg satunya lagi ngak bisa karena ngedadak. Ternyata api kompor saya menjalar lebih dasyat ke temen kos saya itu, selanjutnya malah dia yg usahain cari tiket pesawat, penginapan sampe tambahan travel mate supaya ngak terlalu sepi. Api kompor temen saya terlalu meluap2 sampe2 sms dan telpon ngak berhenti2 masuk ke HP saya tuk konsolidasi padahal saya sendiri saat itu lagi sibuk2nya meeting seharian ama client hahaha. Pas abis meeting liat misscall beberapa kali serta sms-nya lucu2 deh ada kata2 urgent segera telpon dia lah, trus tiket buru2 harus di issue lah , sampe minta itenary disana mau ngapain saja hahaha.

Dengan serba mendadak   di hari selasa tgl 22 dec 2009  telpon sana sini tuk cari tiket, hotel dan tambahan temen berhasil juga. Padahal saya sudah pasrah karena cuman punya waktu 5 hari tuk siapin segala sesuatunya semua barang2 belum di siapin karena saya masih di Jakarta sedangkan peralatan traveling  dan kamera saya ada di Bandung. Tapi akhirnya pas hari Rabu semuanya sudah clear yang ikut ada 4 orang, yaitu temen kos saya dan temen kerjanya ikut, di tambah saya sama ponakan saya. Dan yang makin saya ngak percaya di tengah peak season dan mendadak ini masih dapet tiket pesawat Batavia air sekitar 300rb dan dapet booking hotel di hotel Martani Tanjung Pandan, walopun target pertamanya Lor-In hotel yang sudah full book, ternyata relasi2 serta kebawelan temen saya itu bisa dia salurkan dan manfaatkan buat kegiatan2 yang mendukung kelancaran travelling kami hehe anda patut dapet cendol deh hehe pisss.

Ternyata dari dulu sesuatu yang sudah di planning tuh selalu gagal 😀 dan ini bukan yang pertama kalinya hehe, Ok Derawan ato Wakatobi tidak kesampaian .. setidaknya masih bisa meluncur ke Belitung …Ok deh saya balik ke Bandung dulu tuk beres2

Perkiraan saya dari Bandung ke Bandara Soekarno-Hatta tuh kurang lebih 3 jam cuma karena takut ada macet atau apa saya berangkat lebih pagi karena prinsip saya lebih baik nunggu di bandara daripada ketinggalan pesawat.  Minggu subuh tanggal 27 Dec 2009, saya sama ponakan saya sudah meluncur ke cihampelas ke pool xtrans buat ke bandara . Ternyata kombinasi minggu subuh dan jalan tol sepi banget ditambah supirnya yg cocok jadi supir F1 membuat perkiraan saya meleset jauh, perjalanan Bandung ke Bandara tidak lebih dari 2 jam, alhasil saya nongkrong lumayan lama di bandara hehe. Saya lupa berangkat jam berapa tapi perjalanan memakan waktu kurang lebih 50 menit dan semuanya berjalan dengan lancar tidak ada delay dan lain2.

Bandara Has Hajarudin Belitung
Bandara Has Hajaruddin Belitung
Bandara di Pulau Belitung

Sekilas tentang Belitung :

  • Tidak ada angkot (katanya ada tp buat anak sekolah ???)
  • Terminal Bis sepi
  • Semua rumah punya motor karena kalau tidak punya motor tidak bisa jalan keluar (???)
  • Buat orang luar yg pengen jalan2 kebelitung pilihan kendaraan ada 2 sewa sendiri ato pake travel
  • Motor2 disana parkir sembarangan dan jarang di kunci
  • Pom bensin dikit banget (mungkin kurang dari 5 ) , dan terakhir kesana yang antri beli bensin dah kayak antri beras
  • Seafood disana freshhhhhhhh uenakkkk
  • ‘Negri laskar pelangi’ menjadi slogan daerah Belitung
  • Tidak ada bioskop di pulau yg cukup luas itu , bioskop yang di ceritakan di film dah tutup. Untuk nonton bareng film laskar pelangi memakai layar tancap makanya ketika ada layar tancap penonton membludak.
  • Baru merasakan ada madu yang rasanya pahit, walopun katanya di beberapa tempat lain juga ada ( seperti di bangka)
  • Beberapa merchandise baju2 tentang belitung atau laskar pelanginya belitung ternyata banyak yang dibuat oleh produsen kaos C59 Bandung
  • Pulau Lengkuas pulau yang WAJIB dikunjungi kalau ke Belitung
  • Pertama mengenal Agas .. serangga yang paling mengganggu .. datang tak di undang, kalo diusir kembali lagi ..
Link Lainnya :

  1. waah..temen kos kmu itu tuh baik banget yah..senang nya punya temen kos sebaik itu…walo bawel… weeiitts…emang dia bawel ? hhhmmmmm….

  2. tapi baik kan biar bawel juga ? *kekeuh.com
    lets try to see from that side, only… *maksa.com
    salam yah buat temen kos nya… ^_^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *